Tag

, , , ,

Pernikahan adalah salah satu momen paling spesial dalam kehidupan manusia, oleh sebab itu biasanya setiap pasangan yang berencana untuk melangsungkan pernikahan pasti akan berusaha sebisa mungkin untuk membuat momen yang membahagiakan tersebut agar dapat selalu dikenang disepanjang hidup mereka.

Namun, sayangnya untuk mewujudkan hal tersebut tak semudah membalikkan telapak tangan dan biasanya kendala utama terletak pada permasalahan budget . Nah, bagaimana cara mengatasi kendala tersebut? Berikut ini ada beberapa tips jitu yang mampu membantu anda menciptakan momen pernikahan yang mengesankan namun dengan budget yang relatif terbatas :

Tentukan konsep pernikahan sesuai dengan budget yang anda miliki

Konsep pernikahan memang penting namun lebih penting lagi bila anda juga menyesuaikannya dengan budget yang anda miliki. Nah, biladirasa konsep pernikahan anda masih melebihi budget, maka cara alternatif yang lain adalah dengan mengurangi beberapa item yang tidak akan terlalu berpengaruh terhadap konsep pernikahan yang sudah ditentukan, contohnya seperti mengurangi jumlah undangan atau mungkin bila ada sebagian keluarga yang sanggup dan pandai memasak maka anda tak perlu lagi menyewa jasa katering.

Cari informasi sebanyak-banyaknya

Bila anda ingin lebih menghemat budget maka sebaiknya luangkan waktu untuk mengurus sendiri persiapan pernikahan anda, termasuk mengurus undangan, katering, souvenir dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, anda juga perlu untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai beragam jasa yang menyediakan sarana untuk pernikahan agar anda dapat membandingkan kualitas dan juga harga yang ditawarkan oleh mereka.

Cntohnya bila anda ingin memesan souvenir maka anda perlu memperhatikan apakah harga yang ditawarkan oleh produsen souvenir tersebut sebanding dengan kualitas produknya, lalu sebaiknya bila anda memilih souvenir pastikan bahwa selain harganya cukup terjangkau, alangkah lebih baik bila souvenir pernikahan tersebut merupakan barang yang berguna bagi para tamu, misalkan seperti gantungan kunci yang terbuat dari bahan daur ulang, selain harganya murah benda itupun cukup berguna.

Hindari memesan kebutuhan secara berlebihan

Biasanya hal ini terjadi ketika anda menggunakan jasa katering sebab pada umumnya pasangan yang akan menikah sangat ingin memanjakan para tamu undangan sehingga mereka terkesan kalap dalam memesan beragam jenis makanan.

Oleh sebab itu sebelum memesan jasa katering, pikirkan secara matang jenis makanan apa saja yang akan tersaji dalam pesta pernikahan anda dan hindari memesan terlalu banyak jenis makanan yang serupa, itu artinya bila ingin memesan makanan penutup sebaiknya hindari memesan lebih dari 3 jenis dessert.