Tag

, , ,

Selain sakral, prosesi pernikahan juga merupakan momen yang hanya terjadi sekali dalam hidup. Karena itu, menggelar pesta pernikahan sesempurna mungkin menjadi suatu keharusan, dan untuk menyempurnakan prosesi pernikahan tentunya harus dibarengi dengan kesempurnaan gaun pengantin yang dipakai.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan dalam memilih gaun pengantin yang tepat untuk sempurnanya pesta pernikahan.

vemale.com

vemale.com

Tentukan budget

Hitung alokasi anggaran untuk gaun pengantin, termasuk aksesoris pelengkapnya, seperti sepatu, perhiasan, pakaian dalam, cadar, serta yang lainnya. Menetapkan budget perlu dilakukan, selain agar tidak melebihi kemampuan yang ada, juga untuk menyesuaikan jenis gaun yang tepat, baik dari sisi bahan maupun ongkos pembuatan.

Sesuaikan dengan bentuk tubuh

Dalam memilih wedding dress jangan sekali-kali mempercayai manequin. Sebab indahnya gaun pengantin yang melekat di tubuh manequin belum tentu indah jika Anda yang mengenakan. Pilih gaun pengantin yang sesuai dengan bentuk tubuh dan memancarkan kepribadian Anda, agar gaun tersebut enak dikenakan, enak dipandang, dan mencerminkan kharisma Anda.

Sesuaikan dengan tema dan lokasi pernikahan

Seindah apapun gaun pengantin yang dikenakan, jika tidak sesuai dengan tema dan lokasi pernikahan, pasti akan menjadi bahan tertawaan. Itu sebabnya, sebelum memilih wedding dress, pastikan terlebih dahulu, dimana lokasi pernikahan akan digelar, outdoor atau indoor, dan tema apa yang akan diusung dalam pesta pernikahan tersebut.

Bertanya pada ahlinya

Meminta pertimbangan kepada orang lain seputar gaun pengantin yang akan dipesan memang tidak dilarang. Tapi pastikan orang yang dimintai pertimbangan tersebut benar-benar memiliki kemampuan dibidang desainer. Jangan karena alasan saudara atau sahabat dekat, seseorang dimintai pertimbangan. Sebab meskipun saran yang diberikan tujuannya baik, tapi belum tentu membuahkan hasil yang baik.

Lakukan perbandingan

Agar mendapatkan gaun pengantin yang sesuai dengan selera dan harga, ada baiknya melakukan perbandingan beberapa desainer dan studio bridal, mulai dari yang termurah hingga yang termahal.

Perhitungkan waktu

Untuk membuat desain dan menjahit baju pengantin butuh waktu yang tidak sebentar. Oleh sebab itu, pesanlah gaun pengantin jauh hari sebelum pesta pernikahan dilaksanakan, paling tidak 8 bulan sebelumnya, karena untuk membuat gaun pengantin butuh waktu sekitar 4 – 6 bulan, bahkan lebih.