Tag

, ,

Pesta pernikahan yang sesuai dengan keinginan dari sepasang pengantin memang diperlukan beragam kebutuhan dasar yang wajib untuk dipenuhi. Apa sajakah itu? Berikut ini ada 6 kebutuhan wajib dan paling mendasar yang dipenuhi dalam sebuah pesta pernikahan:

  • Makanan dan minuman

Kebutuhan makanan dan minuman untuk semua tamu undangan yang hadiir biasanya akan cukup menguras dana yang sebelumnya sudah disiapkan, bahkan estimasinya mencapai 30–40% dari biaya pesta secara keseluruhan. Namun, estimasi sekitar 40% tersebut bukan hanya difokuskan pada makanan dan minuman untuk tamu sebab perkiraan tersebut juga sudah mencakup sewa tempat untuk menyelenggarakan pernikahan, apakah itu di gedung atau di restoran.

  • Dekorasi dan hiburan

Kebutuhan akan dua aspek ini, termasuk dekorasi pelaminan, kue pengantin, lighting,, sound system dan lain sebagainya ini diperkirakan akan menyedot budget sebesar 25-30% dari yang telah mereka siapkan.

  • Bridal dan Tailor

Untuk biaya kebutuhan ini, maka anda setidaknya haruss menyisihkan budget sekitar 10%. Sebenarnya, kebutuhan tersebut,, sudah mencakup beragam kebutuhan lainnya, mulai dari tata rias dan rambut dari calon pengantin, tata rias orang tua dan lain sebagainya.

  • Fotografi dan Videografi

Agar pesta pernikahan yang anda lakukan dapat selalu terkenang, maka anda perlu menyisihkan budget sekitar 10% untuk menyewa fotografer agar pesta pernikahan tersebut dapat dimodifikasi.

  • Kartu undangan dan souvenir

Budget yang sebaiknya dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan kartu undangan dan souvenir, adalah sebesar 5 %.

  • Administrasi

Karena terlalu sibuk dalam mempersiapkan pernikahan, terkadang calon pengantin lupa ada beberapa kebutuhan lainnya yang juga perlu untuk dipenuhi, salah satunya adalah mengenai administrasi contohnya seperti biaya pajak, keamanaan, transportasi, perijinan dan lain sebagainya. Paling tidak agar anda dapat memenuhi kebutuhan tersebut maka anda wajib menyisihkan budget sekitar 5% setiap harinya

Itulah 6 kebutuhan wajib yang seharusnya diperhatikan ketika ingin menyelenggarakan pesta pernikahan, agar nantinya mulai dari awal hingga akhir, momen pernikahan tersebut dapat selalu dikenang oleh mereka.