Tag

, ,

Salah satu hal yang paling membuat pusing kepala saat merencanakan pernikahan adalah menyusun anggaran pernikahan, karena biasanya pasangan yang akan menikah memiliki banyak keinginan, namun sayangnya budget yang mereka miliki tak mencukupi untuk mewujudkan semua keinginan mereka.

Nah, bila seperti itu, lalu bagaimana cara yang tepat dalam membuat anggaran pernikahan yang sesuai dengan budget namun sekaligus dapat membahagiakan semua pihak? Berikut ini ada beberapa tips membuat anggaran pernikahan yang dapat anda coba untuk terapkan:

  • Visualisasi

Diskusikan mengenai konsep pernikahan pada calon pasangan hidup anda kemudian lanjutkan diskusi tersebut bersama dengan keluarga dari kedua belah pihak. Pada tahapan ini sebaiknya beragam informasi termasuk yang berkaitan dengan biaya sudah anda dapatkan.

Untuk mencari informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pernikahan anda bisa mendapatkannya di berbagai pameran pernikahan atau wedding planner. Sebagai bahan pertimbangan, anda sebaiknya juga harus merencanakan second opinion.

  • Membuat Prioritas

Bila semua konsep setiap prosesi pernikahan mulai dari prosesi pra nikah, hari H pernikahan hingga rencana setelah menikah sudah dibuat, maka pada tahapan ini anda perlu menentukan mana yang akan tetap diterapkan sesuai rencana awal dan mana yang harus dihilangkan.

Tahapan ini sangat penting untuk dilakukan, apalagi bila budget yang anda miliki cukup terbatas, sebab bila budget anda berlimpah, maka semua rencana yang sudah disusun sejak awal dapat dilaksanakan sesuka hati anda.

  • Buat anggaran

Susun anggaran secara detil bila perlu cari teman atau saudara yang baru menikah untuk diajak berdiskusi. Hindari untuk melakukan sesuatu yang beresiko contohnya seperti berhutang hanya untuk membuat pesta pernikahan yang sesuai impian.

Pernikahan memang momen yang sangat spesial dan layak untuk dirayakan, namun pernikahan tidak hanya berhenti pada hari itu saja, dan di hari-hari berikutnya masih banyak pengeluaran yang harus anda lakukan, sehingga sangatlah tidak bijak rasanya, hanya untuk kebahagiaan sesaat anda harus mengorbankan ketenangan dan kebahagiaan hidup berumah tangga.

Anda harus memikirkan bahwa setelah menikah, masih banyak kebutuhan yang harus anda miliki, contohnya seperti rumah dan kendaraan, apalagi bila nanti anda memiliki anak, maka tanggung jawab pun akan semakin besar.

  • Membuat rencana pernikahan

Setelah menyusun anggaran, maka dalam tahap ini anda perlu untuk membuat perencanaan pernikahan, mulai dari menentukan pihak mana yang mendanai seluruh anggaran pernikahan apakah diserahkan pada salah satu pihak atau didanai secara patungan antara calon pengantin pria dan wanita.

Selain itu, anda juga perlu memikirkan jumlah uang yang harus dialokasikan pada kebutuhan lain, seperti untuk investasi atau untuk tabungan. Dalam tahapan ini akan lebih baik lagi bila anda melakukan konsultasi pada perencana keuangan yang memang ahli dibidangnya.