Tag

, , , ,

Setiap orang di dunia pasti memiliki keinginan untuk menikah, sayangnya sebagian dari mereka merasa belum siap untuk mengakhiri masa lajangnya, karena beberapa hal, salah satunya adalah mengenaiaspek finansial.

Ya, seperti yang kita tahu, kini di dunia ini tidak ada yang gratis, sehingga mau tidak mau, suka tidak suka bila ingin hidup berumah tangga dengan bahagia. Salah satu hal yang perlu untuk dipertimbangkan kesiapannya adalah mengenai aspek finansial dari kedua calon mempelai, khususnya calon mempelai pria.

Sebab ia nantinya yang harus memikul tanggung jawab sebagai kepala rumah tangga yang harus siap memberikan penghidupan yang layak untuk istri dan anak-anaknya.

Selain mempersiapkan dana untuk menjalani biduk rumah tangga, sepasang kekasih yang ingin menikah, tentunya juga mendambakan melewati prosesi pernikahan yang tidak hanya terkesan sakral namun juga terlihat spesial, setidaknya prosesi pernikahan tersebut dapat mereka kenang selama mereka menjalani bahtera rumah tangga.

Tetapi, lagi-lagi tidak ada yang gratis di dunia ini, sehingga kedua calon mempelai tersebut harus pula mempersiapkan dana yang cukup untuk digunakan menutup biaya pernikahan, mulai dari prosesi lamaran, pernikahan hingga resepsi/pesta pernikahan. Nah, bila dana yang anda miliki cukup terbatas, maka berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk memangkas anggaran pernikahan :

  • Pilih tanggal yang tepat

Bila ingin menekan anggaran pernikahan, maka sebaiknya anda mencari tanggal yang sekiranya bukan menjadi tanggal favorit untuk dijadikan sebagai tanggal pernikahan (contohnya, hindari memilih tanggal cantik seperti 01-05-2015, pada awal ataupun akhir tahun, dan tanggal menjelang puasa) hal tersebut disebabkan karena pada tanggal-tanggal tersebut permintaan akan meningkat, dan akan membuat vendor jasa yang berkaitan dengan acara pernikahan seperti sewa gedung, katering, jasa fotografi pernikahan dan sebagainya akan menaikkan harga jasa mereka.

  • Pilih desain undangan dan suvenir yang murah meriah

Desain undangan pernikahan kini memang semakin beraneka ragam, namun sayangnya semahal apapun undangannya, biasanya kartu undangan tersebut akan berakhir di tempat sampah orang yang menerimanya.

Oleh sebab itu, daripada membuang-buang uang untuk benda yang akan berujung di tempat sampah, maka sebaiknya anda memilih kartu undangan yang murah meriah.

Selain itu, di jaman yang semakin modern seperti saat ini, anda tidak perlu membuat kartu undangan dalam jumlah banyak, sebab bila teman-teman anda banyak yang menggunakan sosial media, maka anda dapat mengirim kartu undangan lewat sosial media saja, dengan cara menscan kartu undangan kemudian sebarkan pada akun sosial media teman-teman anda.

Begitu juga dengan souvenir pernikahan, ini penting tapi anda bisa menekan budget dengan cara membelinya dari penjual yang menawarkan harga lebih terjangkau. Tak perlu khawatir, ada banyak ragam souvenir yang dapat dipilih, nah harga bisa jadi pertimbangan pemilihan yang pertama.

  • Sewa seragam

Daripada harus mahal-mahal membeli seragam untuk dibagikan kepada tim panitia pernikahan dan juga keluarga besar yang bertugas sebagai penerima tamu, maka sebaiknya anda menyewa seragam saja, sebab hal tersebut sangat berdampak pada pemangkasan anggaran pernikahan