Beberapa hal paling penting dalam memilih cincin kawin

Cincin kawin adalah salah satu benda yang cukup penting untuk dimiliki oleh sepasang pengantin sebab benda tersebut adalah sebuah simbol ikatan antara suami dan istri. Oleh sebab itu, sebaiknya pemilihan cincin kawin (wedding ring) ini dipikirkan secara matang.

Seiring dengan berjalannya waktu dan jaman yang semakin modern, kini model cincin kawin tidak hanya bulat polos yang terlihat sederhana, namun saat ini sudah tersedia beragam pilihan mulai dari hiasannya yang berupa batu permata hingga bahan untuk membuat cincin kawin tersebut yang tersedia pula dalam beragam pilihan seperti emas, emas putih (platinum) bahkan hingga terbuat dari titanium.

Meskipun demikian, sebenarnya cincin kawin secara umum hanya memiliki 3 model, yaitu berbentuk bulat tanpa ornamen, cincin berbentuk bulat yang dipercantik dengan ornamen satu atau beberapa permata, dan model yang ketiga adalah cincin yang dipercantik dengan motif sulur atau garis-garis.

Nah, bila saat ini anda masih cukup bingung dalam menentukan cincin kawin seperti apa yang paling tepat untuk anda pilih maka berikut ini ada panduan yang dapat anda terapkan ketika memilih cincin kawin :

  • Cari beragam referensi mengenai pilihan wedding ring, mulai dari majalah, internet atau bahkan langsung mencari pilihan cincin kawin ke toko perhiasan
  • Sebaiknya waktu yang paling tepat untuk mencari cincin kawin adalah 2 bulan sebelum hari H, agar anda memiliki waktu yang cukup banyak untuk mempertimbangakan pilihan anda
  • Bila cincin kawin ingin dijadikan sebagai mahar, maka pastikan terlebih dahulu bahwa harga cincin tersebut sesuai dengan mahar yang telah dijanjikan. Biasanya dana untuk membeli cincin kawin, sebesar 3-10 juta
  • Pastikan model cincin kawin yang akan anda kenakan di hari paling spesial tersebut memang benar-benar sesuai dengan keinginan anda
  • Sebaiknya pilih model cincin kawin yang simple namun menawan
  • Bila ingin mengenakan cincin kawin yang dihiasi berlian atau permata, maka sebaiknya anda memilih bentuk berlian yang bulat tidak bersudut agar terlihat lebih indah sebab bentuk berlian seperti itu mampu memantulkan sinar yang lebih bagus.
  • Bila ingin mencoba atau melakukan final fitting, maka anda perlu melakukannya pada saat kondisi tubuh anda benar-benar prima dan suhu tubuh anda normal. Selain itu hindari mencoba cincin kawin pada pagi hari, sebab di pagi hari jari akan sedikit membengkak karena adanya garam dalam tubuh.
  • Usahakan untuk memilih model cincin yang simple agar lebih mudah untuk dibersihkan, atau setidaknya pastikan toko perhiasan tempat anda membeli cincin tersebut menawarkan jasa pencucian perhiasan.

1 Trackback / Pingback

  1. Pertimbangan penting menjatuhkan pilihan ke cincin kawin berlian Frank & Co | Grosir Souvenir Pernikahan dan Busana

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*