Tag

, , ,

Menikah dapat memberikan manfaat bagi manusia, dan tampaknya memang benar adanya bahwa pernikahan dapat emmbuat hidup seseorang lebih sehat dan juga panjang umur.

Tentunya perlu dicatat pernikahan yang mereka jalani merupakan pernikahan yang membahagiakan, bukan yang sebaliknya. Ini adalah beberapa manfaat menikah yang telah diungkapkan oleh sejumlah penelitian:

  • Mengurangi stres

Pernyataan ini diperkuat oleh sebuah penelitian dari University of California. Orang yang menikah mampu mengurangi stres lebih baik daripada orang yang tidak menikah dengan mengujinya melalui air liur partisipan untuk mengukur tingkat kortisol atau hormone stres. Dan hasilnya orang yang sudha menikah memiliki kadar yang lebih rendah.

  • Mengurangi risiko terkena stroke

Tel Aviv Universuty melakukan studi terbaru yang menghasilkan bahwa laki-laki yang lajang memiliki risiko sebesar 64% lebih tinggi terkena stroke ketimbang laki-laki yang sudah menikah.

  • Mengurangi risiko demensia

Penelitian yang dimpimpin oleh Mia Kivipelti dari Swedish Medical University Karolinska Institutet menunjukkan bahwa orang dewasa yang hidup sendirian lebih berisiko mengidap demensia dan Alzheimer daripada orang yang telah menikah. Sementara itu orang yang bercerai pada usia muda memiliki risiko 3 kali lipat.

  • Menurunkan tekanan darah

Orang yang telah menikah memiliki tekanan yang lebih rendah seperti yang dihasilkan dari penelitian oleh Brigham Young University. Hal ini dikarenakan orang yang telah menikah memiliki sistem tubuh yang lebih teratur.

  • Menghindari depresi

Pernikahan biasnaya emmberikan dukungan scara psikis dan sosial sehingga membuat orang merasa lebih nyaman dan berpikiran positif. Penelitian bahkan mengatakan bahwa yang sudah depresi pun dapat pulih karena adanya dorongan psikologis dari pernikahan.

  • Menjauhkan diri dari tindakan berisiko

Ketika masih lajang biasanya seseorang lebih seenaknya, sementara menikah orang tersebut dapat lebih berhati-hati dan peduli. Penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang yang sudah menikah lebih peduli akan dirinya sendiri dan orang lain dengan menjaga kondisi tubuhnya karena tidak ingin mendapatkan akibat buruk sementara itu mereka memiliki pasangan yang dibutuhkan sekaligus membutuhkannya.