Tips persiapan pernikahan agar berakhir manis

Pernikahan merupakan sebuah ikrar suci dari kedua mempelai untuk menjalani sebuah jalinan kasih hingga akhir hayat memisahkan. Betapa sucinya prosesi yang akan mereka jalani pun tak jarang membuat kedua calon dan sanak keluarga dibuat pusing tujuh keliling dengan rencana pernikahan yang akan mereka jalani.

Tak mengejutkan memang, karena dalam pernikahan ada begitu banyak hal yang harus ditangani, mulai berapa jumlah tamu undangan, berapa dana yang tepat, di mana prosesi akan dilaksanakan, hingga hari istimewa pelaksanaan. Nah, bagi kamu yang sedang merencanakan pernikahan tetapi bingung dengan persiapan apa saja yang mesti dilakukan, berikut penulis rangkum beberapa tips pernikahan agar berakhir sempurna.

Diskusikan dengan pasangan

Sebagai dua aktor utama dalam event, tentu kamu berdualah yang paling tahu apa yang terbaik buat kalian. Sebisa mungkin, sudah jauh-jauh hari kalian berdua memikirkan bagaimana pernikahan kalian akan dilaksanakan. Namun demikian, cukuplah dahulu membahas pada garis-garis besar permasalahan, seperti konsep atau tema pernikahan, biaya, dan tempat.

Minta saran dari keluarga

Menikah tidak hanya menyatukan dua insan dam satu ikatan, tetapi juga seluruh keluarga. Untuk itulah, minta saran dari mereka, terutama para orang tua dan saudara yang lebih berpengalaman.

Sebagai orang yang telah menjalani prosesi pernikahan, tentu mereka tahu apa yang harus mereka lakukan agar pernikahan yang kamu jalani dapat berjalan dengan lancar dan sempurna. Jika di awal kamu sudah membahas garis-garis besar rencana persiapan, maka kini saatnya detail-detail kecil kamu diskusikan dengan keluarga, semisal hari dan tanggal pelaksanaan, terutama orang Jawa yang masih percaya dengan tanggal-tanggal bagus.

Walaupun kemudian kamu memutuskan untuk menggunakan jasa wedding organizer, tetapi hal demikian tak lantas mengeluarkan keluarga kamu dari persiapan nikah.

Tetap sederhana dan yakin

Peristiwa pernikahan yang begitu besar dan suci, tak jarang membuat kedua mempelai merasa bahwa proses ini harus dilaksanakan dengan akbar dan tanpa cela, serta cenderung berlebih-lebihan.

Padahal, inti dari pernikahan bukanlah pada pestanya, tetapi pada proses setelah menikah, yakni menjalani kehidupan berdua hingga ajal memisahkan. Oleh karena itu, tetaplah sederhana dengan rencana anda dan yakinlah bahwa pesta anda akan berjalan dengan baik dan sempurna.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*