Tag

, ,

Halo guys, kita ketemu lagi nih. Nah, kali ini kita akan membahas tentang persiapan nikah yang katanya bisa bikin bangkrut kamu kalau tidak dipersiapkan secara matang! Hmm, kalau dipikir-pikir benar juga sih, meningat biaya pernikahan yang gak sedikit dan mengundang banyak orang. Bahkan, kadang-kadang pestanya pun bisa berlangsung beberapa hari.

Kalau kamu emang lagi merencanakan pernikahan, maka kamu sudah berada di tempat yang tepat guys, karena di sini akan dibahas tips-tips agar kamu gak bangkrut akibat pesta pernikahan yang hanya berlangsung selama beberapa hari. Ingat sob, yang penting tu kehidupan loe setelah menikah, bukan di hari pestanya! Yah, walau sekarang lagi ngetrend artis-artis tajir nikah dengan biaya berM-M, tapi kalau kamu memang gak selevel mereka, mau gimana lagi?

Biaya dulu atau pesta dulu?

Seperti pembahasan di atas, biaya pesta pernikahan memang tidak sedikit. Untuk itu dibutuhkan persiapan yang matang sebelum melakukan eksekusi. Banyak pasangan yang terjebak dengan pola pikir bahwa semua pesta pernikahan harus dilakukan secara bermewah-mewahan dan berlangsung lama.

Bagi kamu yang sudah matang secara ekonomi, mungkin hal ini bukanlah masalah. Tapi, bagi kalian yang masih belum stabil secara finansial, tentu pertimbangan biaya menjadi masalah utama. Oleh karena itu, maka diskusikanlah dengan pasangan dan kedua keluarga secara baik-baik dan terbuka agar pernikahan kamu dapat berjalan baik walau sederhana dan menghindarkan kamu dari lilitan hutang. Ketahuilah, bahwa inti dari prosesi pernikahan ialah niat dan tujuan untuk beribadah, bukan untuk ajang pamer dan berfoya-foya.

Buat daftar (prioritas) kebutuhan nikah

Buatlah sebuah daftar yang mencakup seluruh kebutuhan prosesi pernikahan, mulai dari berapa jumlah tamu undangan, biaya catering, biaya sewa baju pengantin, dsb.

Selain untuk memberikan gambaran berapa biaya yang akan kamu keluarkan, catatan ini juga mencegah adanya kebutuhan yang meleset. Pertama-tama tulis dulu semua persiapan pernikahan yang ada di pikiran kamu, baru kemudian nanti kamu diskusikan dengan pasangan dan keluarga kira-kira hal apa saja yang benar-benar dibutuhkan dalam pernikahan.

Sediakan dana cadangan

Merencanakan sebuah pesta memang membutuhkan energi, pikiran, dan dana yang tidak sedikit. Untuk mengatasi hal ini, dalam hal dana, terutama, maka sebaiknya sediakanlah tabungan cadangan. Bukan berarti perhitungan yang kamu lakukan tadi kurang tepat.

Hanya saja, teori di atas kertas sering kali meleset dengan fakta di atas lapangan. Belum lagi, prediksi biaya yang bisa sewaktu-waktu berubah. Sebab itulah dana cadangan sangat dibutuhkan karena bisa kita andalkan dalam kondisi yang mendesak. Good luck, sob!