Tag

,

Banyak orang yang berpikir bahwa pernikahan merupakan hal yang lebih cepat lebih baik. Namun, tidak sedikit orang pula yang melihat pernikahan sebagai sebuah hal yang menakutkan dan justru menunda pernikahan.

Terkadang orang yang memikirkan hal ini adalah orang-orang yang dibayangi ketakutan akan kehidupan setelah pernikahan dan berbagai resiko yang ada, mulai dari ketidakcocokan, hingga ketakutan akan sebuah perceraian.

Waspada akan suatu hal yang besar seperti pernikahan merupakan hal yang wajar karena memang ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan dipersiapkan sebelum seseorang dapat memutuskan untuk menikah.

Namun, kekhawatiran yang berlebihan bukanlah hal yang baik. Inilah saatnya untuk mengenali ketakutan anda terhadap pernikahan dan mengatasinya.

Apa yang menjadi penyebab utama dari ketakutan seseorang biasanya adalah karena pernah mengalami kegagalan di masa lalu.

Apabila anda juga mengalami hal yang demikian, maka jadikanlah kegagalan tersebut sebagai bahan evaluasi anda sehingga anda bisa memperbaiki apa yang kurang dan mencegah hal yang sama kembali menjadi kegagalan anda.

Selain kegagalan, keraguan akan orang lain juga seringkali menjadi alasan seseorang menunda pernikahan.

Cobalah untuk melihat kembali sikap dia kepada anda tidak hanya ketika sedang bersenang-senang namun juga ketika anda dan dia sedang menghadapi masalah.

Apakah anda bisa menerima kekurangannya? Tentu saja untuk mengatasi hal ini anda harus benar-benar mengenali pasangan anda sebelum memutuskan untuk melangkah lebih jauh.

Masalah lain yang mungkin menjadi sumber ketakutan anda adalah adanya pengaruh atau pengalaman dari orang-orang terdekat anda.

Cobalah untuk belajar dan meminta nasehat dari mereka sebagai orang yang memiliki pengalaman lebih dan jadikan itu sebagai pelajaran untuk anda.

Pikirkan juga akan masa depan anda dengannya karena tentunya anda menginginkan dia untuk ada sampai tua nanti.

Ketakutan terakhir yang seringkali muncul adalah masalah finansial. Bicarakanlah mengenai hal ini dengannya dan pikirkanlah kembali apakah anda yakin untuk menikah dengannya.

Tentu akan lebih baik apabila anda pun bisa mapan sendiri tanpa perlu bergantung dari penghasilannya.

Mungkin ada banyak hal lain yang dapat membuat anda ragu. Namun cobalah pikirkan lagi berbagai ketakutan itu dengan tenang dan apakah anda memang perlu untuk menunda pernikahan.