Tag

,

Menikah merupakan suatu ikatan yang unik karena menyatukan dua orang insan dengan segala perbedaan yang mereka miliki baik itu menyangkut hal-hal kecil seperti kebiasaan sehari-hari hingga isu-isu besar seperti adat istiadat.

Tentu saja hal seperti ini sangatlah berbahaya bila dibiarkan terus menerus karena dapat menjadi bom waktu yang siap meledak kapan saja. Jangankan pengantin baru, bahkan pasangan yang telah bersama selama bertahun-tahun hingga dikaruniai cucu pun masih banyak yang menghadapi perbedaan dalam hal-hal tertentu.

Oleh sebab itu, anda harus mempunyai trik-trik khusus sehingga pernikahan anda terus langgeng hingga maut memisahkan.

  1. Terbukalah dengan pasangan

Satu hal yang kerap menjadi pemicu pertengkaran adalah pola pikir yang kolot dan tidak mau bersikap terbuka. Perilaku seperti ini janganlah dipertahankan karena dapat membawa petaka bagi kehidupan rumah tangga. Untuk itu, anda harus belajar sikap terbuka dengan pasangan.

Diskusikanlah baik-baik setiap terjadi perbedaan. Jabarkanlah alasan anda secara terang dan terbuka mengapa anak anda harus belajar di sekolah A, misalnya, sedangkan pasangan menghendaki si buah hati bersekolah di sekolah B. Bahaslah topik ini dengan kepala dingin dan berusahalah mencari jalan keluar untuk mendapatkan win-win solutions.

  1. Hargai perbedaan

Setiap orang memang berhak untuk menentukan apa yang ingin ia lakukan. Namun demikian, ia juga tidak boleh sampai melanggar hak orang lain. Dalam kehidupan rumah tangga, peraturan-peraturan tak tertulis yang harus ditaati kedua pasangan sangatlah banyak dan di sinilah dituntut pengertian kedua insan untuk menjalani perbedaan yang ada.

Bila anda sudah melakukan trik pertama dan masih belum bisa menemukan win-win solutions, maka inilah saatnya masing-masing dari anda menghargai perbedaan pasangan.

  1. Perbedaan adalah rahmat

Manusia dibekali Tuhan dengan pikiran dan perasaan untuk memilih apa yang mereka sukai. Sebab itu, setiap orang pasti memiliki kecenderungan dan kebiasaan masing-masing.

Dengan perbedaan ini, maka manusia pun dapat belajar hal baru, suatu hal yang belum pernah ia pikirkan dan lakukan sehingga bertambahlah wawasan dan pengalamannya. Kesimpulannya, pandanglah perbedaan yang dibawa oleh pasangan anda sebagai rahmat untuk pernikahan anda berdua.