Tag

,

Menjadi hal yang umum dan wajar bila sebuah pasangan menginginkan rumah tangga yang langgeng hingga maut memisahkan.

Namun, cita-cita seperti ini tidak bisa didapatkan dengan mudah dan haruslah melalui sejumlah perjuangan sehingga hubungan yang dijalin bisa terus awet.

Menurut salah satu pakar psikologi bernama dr. John Gotmman, ada beberapa hal yang mesti anda berdua lakukan agar mahligai perkawinan bisa berlangsung harmonis dan rukun.

  1. Akui kesalahan dan meminta maaf

Mengakui kesalahan dan meminta maaf merupakan gerbang perdamaian dalam konflik hubungan. Pertengkaran yang berlarut-larut biasanya disebabkan oleh sikap gengsi pasangan dan sikap menolak kesalahan.

Akui saja kesalahan yang anda lakukan dan segera meminta maaf bila anda memang bersalah. Terbukalah kepada dia yang anda sayangi untuk menumbuhkan sikap percaya dan saling mencintai.

  1. Mengerti pasangan lewat obrolan

Komunikasi adalah hal kunci dalam sebuah hubungan, begitulah kalimat yang sering diucapkan oleh pasangan yang telah lama menikah. Nasihat ini pun bukan sekedar isapan jempol belaka.

Memahami pasangan lewat obrolan mesti sering anda lakukan sehingga pasangan bisa mengerti satu sama lain dan menghormati setiap pilihan hidup yang ia pilih. Hubungan yang dilandasi dengan komunikasi yang bagus cenderung lebih langgeng.

  1. Jangan menambah parah masalah dengan bersikap cuek

Rasa marah kerap kali menghinggapi manusia yang sangat rentan dengan perubahan emosi. Bila hal ini terjadi pada anda, sebaiknya segera komunikasikan dengan pasangan anda.

Apalagi, bila masalah tersebut memang berkaitan dengan jalinan asmara. Ungkapkanlah segala rasa unek-unek yang anda miliki dan jangan sampai menumpuk hingga meledak suatu saat nanti.

Pasangan yang mendiamkan karena berharap untuk dimengerti atau menyembunyikan permasalahan yang sedang dihadapi kerap kali memicu keretakan sebuah hubungan.

  1. Beri nasihat yang membangun

Pernikahan yang harmonis akan terjadi bila kedua pihak berusaha untuk terus memperbaiki diri. Hindari hinaan dan kritikan yang merendahkan bila anda ingin pasangan berubah menjadi lebih baik.

Sebaliknya, tunjukkanlah sikap positif dengan memberikan saran yang membangun dan komitmen untuk bersama-sama memperbaiki perilaku.