Kecerdasan emosional menjaga penikahan tetap langgeng dan bahagia

Pernikahan adalah sesuatu yang diidamkan oleh banyak orang. Pernikahan berarti menyatukan dua orang dengan karakter masing-masing. Pernikahan memang hal yang indah tapi bukan hal yang selalu mudah.

Menjaga pernikahan tetap langgeng menjadi tugas selanjutnya yang sebenarnya akan berlangsung lebih lama dari yang Anda kira. Menjaga pernikahan tetap langgeng bukan tugas salah satu saja tetapi merupakan tugas yang harus dilakukan oleh kedua belah pihak yang sebelumnya memutuskan untuk menikah dan menjalani kehidupannya bersama.

Mengenai kelanggengan sebuah hubungan pernikahan ini rupanya menarik minat seorang psikolog yang bernama Dr. John Gottman. Dr. John melakukan riset di laboratoriumnya yang diberi nama Love Lab.

Dr. John mencoba meneliti faktor-faktor apa yang bisa menjaga pernikahan tetap langgeng. Sepasang suami istri berada dalam Love Lab lalu mereka dipersilahkan untuk melakukan kontak dan pembicaraan dan Dr. John mengumpulkan data dari respon masing-masing pasangan untuk kemudian menarik sebuah kesimpulan.

Dr. John bahkan dapat mengambil kesimpulan apakah pernikahan akan langgeng hanya dengan melihat interaksi suami istri ketika berada di dalam Love Lab meski hanya 5 menit saja.

Penelitian dengan Love Lab ini bisa memprediksi keberlangsungan pernikahan apakah akan langgeng atau tidak dengan tingkat akurasi hingga 91%.

Penelitian yang melibatkan 100 pasangan yang telah melalui usia pernikahan selama 40 tahun menunjukkan hal-hal apa saja yang mempengaruhi kelanggengan sebuah pernikahan.

Fakta dari penelitian itu menunjukkan bahwa bukan kekayaan ataupun kepandaian yang dapat digunakan untuk mempertahankan sebuah hubungan. Faktanya kemampuan menghadapi dinamika pernikahan lah yang menjadi kunci kelanggengan. Kemampuan ini diimbangi dengan pikiran-pikiran yang positif.

Atau secara sederhana kecerdasan emosional lah yang membawa pernikahan ke usia yang lebih lama. Kecerdasan emosional tersebut dapat terwujud pada kelima hal berikut:

  1. Saling menghormati dan menghargai satu sama lain
  2. Tidak saling menyalahkan
  3. Tidak merasa tinggi atau pun rendah
  4. Tidak saling menjatuhkan
  5. Tidak mengabaikan perasaan pasangan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*