Konsep pernikahan ramah lingkungan

Slogan ramah lingkungan banyak digembar-gemborkan seiring makin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menjaga keberlangsungan bumi. Ramah lingkungan juga makin menjadi gaya hidup masyarakat termasuk mewujudkannya dalam sebuah pesta pernikahan.

Jika Anda dan pasangan adalah pegiat sosial hidup ramah lingkungan, tak ada salahnya mewujudkan pernikahan Anda dalam tema ramah lingkungan.

Membawa tema ramah lingkungan ke dalam pesta pernikahan Anda tentu juga merupakan aktivitas untuk melestarikan alam bukan? Selain itu, dapat menjadi inspirasi untuk masyarakat dan juga dapat menjadi pesan viral bagi masyarakat untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan termasuk dalam perayaan momen-momen kehidupan seperti pernikahan.

  1. Daur Ulang

3R. Reduce, reuse, recycle. Slogan yang menjadi panutan konsep ramah lingkungan. Gunakan ini pula pada pernikahan Anda.

Sedapat mungkin gunakan barang-barang daur ulang pada pesta pernikahan. Tak harus menggunakan barang baru, Anda bisa menggunakan barang-barang yang telah terpakai sebelumnya untuk mendekorasi tempat pernikahan Anda.

  1. Pemilihan Lokasi

Untuk lokasi, coba gunakan lokasi yang peduli pada pelestarian situs bersejarah. Biaya sewa yang Anda bayarkan biasanya akan digunakan untuk pemeliharaan gedung bersejarah.

Ada beberapa pilihan tempat seperti ini diantaranya adalah museum, galeri seni, benteng bersejarah, ataupun markas organisasi bersejarah.

  1. Dekorasi bambu

Pesta pernikahan bertema alam tentu tak lepas dari dekorasinya yang menggunakan kayu-kayu atau pohon-pohonan.

Sebaiknya hindari dekorasi dari pohon atau kayu yang membutuhkan waktu lama untuk tumbuh. Sebagai gantinya gunakan hiasan dari pohon bambu. Bambu merupakan pohon paling sustainable karena dapat tumbuh dua kaki hanya dalam waktu yang cukup singkat.

Bandingkan dengan pohon jati yang memiliki waktu yang lama untuk tumbuh.

Itu tadi beberapa inspirasi untuk mewujudkan pernikahan ramah lingkungan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*