Ritual kecantikan menjelang pernikahan di peru, india, dan indonesia

Menjelang pernikahan, ada banyak hal yang harus dipersiapkan termasuk kecantikan. Mempelai wanita pasti ingin tampil cantik saat pernikahan.

Di beberapa negara, ada ritual-ritual kecantikan yang dilakukan menjelang pernikahan. Ritual ini tak lain bertujuan untuk semakin memancarkan kecantikan dari mempelai wanita.

Peru

Peru memiliki ritual cantik sebelum pernikahan. Ritual ini dilakukan oleh mempelai wanita dengan melakukan prosesi mandi si kolam suku Inca. Ritual ini telah dipraktekkan sejak bertahun-tahun yang lalu.

Sejak zaman dahulu, calon mempelai wanita di Peru melakukan mandi di kolam peninggalan suku Inca untuk mempercantik diri sebelum pernikahan.

Kolam peninggalan suku Inca dipercaya memiliki air yang murni. Air ini dipercaya mampu membersihkan jiwa. Kolam yang dianggap keramat ini juga dipercaya dapat memberikan berkah kekayaan dan juga kesuburan bagi pengantin.

India

India merupakan salah satu negara yang kaya akan tradisi. Salah satunya adalah tradisi menggunakan mehndi bagi calon mempelai wanita sebelum pernikahan.

Tangan dan kaki eanita yang akan menikah dihias menggunakan mehndi yang terbuat dari campuran henna dan bubuk herbal.

Seorang henna artist akan melukiskan pola-pola cantik pada tangan dan kaki sang calon mempelai. Pemakaian mehndi ini bertujuan untuk membuat wanita lebih rileks menjelang hari besar pernikahannya.

Selain mehndi, wanita akan menggunakan tilak atau titik kecil di tengah dahi yang memiliki warna merah. Penggunaan tilak ini mengaktifkan Adhya Chakra dan mencegah hilangnya energi.

Adhya Chakra dipercaya memperlancar aliran darah di wajah sehingga kecantikan pun lebih terpancar.

Indonesia

Indonesia juga memiliki ritual menjelang pernikahan yaitu pingitan. Pingitan biasanya dilakukan seminggu jelang pernikahan.

Selama proses pingitan, calon mempelai melakukan kegiatan untuk mempercantik diri diantaranya adalah minum jamu dan luluran. Prosesi pingitan ini dipercaya memberikan efek manglingi dan lebih memancarkan kecantikan mempelai wanita.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*