Tag

,

Tak ada rumus pasti kapan usia yang tepat untuk melakukan sesuatu, termasuk kapan usia yang tepat dan siap untuk melakukan pernikahan.

Tak ada kesepakatan masyarakat secara menyeluruh kapan usia yang paling tepat untuk menikah. Meskipun bagi kebanyakan orang, usia 25 tahun dianggap usia yang tepat untuk menjalani pernikahan.

Pada usai 25 tahun, seseorang dianggap telah memiliki kematangan baik secara mental ataupun fisik untuk menjalani sebuah rumah tangga bersama pasangannya. Meski demikian ada beberapa orang yang berpendapat berbeda.

Seorang peneliti dari University of Utah menyatakan bahwa dia telah meneliti rentang usia yang paling tepat menikah sehingga pernikahan dapat bertahan lama.

Dalam penelitiannya, Nicholas Wolfinger menyebutkan bahwa rentang usia 28 hingga 32 tahun adalah usia yang tepat untuk menikah.

Dari data yang dikumpulkan National Survey of Family Growth dari tahun 2006 hingga 2010, Nicholas mempelajari bahwa usia 28 hingga 32 tahun adalah usia yang tepat untuk menikah sehingga pernikahan dapat bertahan lama.

Nicholas mempelajari bahwa pernikahan pada usia akhir 20 an dan awal 30 an memiliki tingkat perceraian yang memiliki tren turun.

Data yang dia pelajari menunjukkan bahwa pernikahn di usai akhir 20 an dan awal 30 an memiliki tingkat perceraian yang rendah.

Tingkat perceraian mengalami peningkatan pada usia awal 20 an dan akhir 30 an.

Meski demikian, pendapat Nicholas ini dibantah oleh Andrew G Marshall. Andrew yang merupakan terapis pernikahan terkenal di Inggris ini menyatakan bahwa usia pernikahan yang tepat sangat tergantung dari kesiapan mental masing-masing individu.

Kesiapan menerima pasangan baik kelebihan maupun kekurangan adalah faktor yang paling penting yang menentukan apakah seseorang siap untuk menikah atau tidak. Kesiapan menikah tidak dipengaruhi oleh usia.

Berapapun usia seseorang, selama dia mampu menerima kondisi pasangannya maka dia siap untuk menikah. Begitupun sebaliknya, jika dia tidak mampu menerima kelebihan dan kekurangan pasangannya maka dia belum siap untuk menikah.