Tag

Mendengar kata Walimah, mungkin anda baru mendengar istilah semacam ini. Namun apabila disebut “Resepsi Pernikahan”, pastinya sudah tahu dong.

Nah Walimah itu memiliki arti yang sama dengan resepsi dalam sebuah pernikahan menurut ajaran islam.

Rasulullah SAW pernah bersabda “Sesungguhnya dalam perkawinan harus diadakan Walimah”.

Jadi sebagai seorang muslim, kita wajib memegang teguh ajaran yang telah disampaikan Rasulullah tersebut. Ketika mengadakan resepsi pernikahan harus berdasarkan adab supaya bisa berjalan berdasarkan syariat islam.

Adab Pernikahan Secara Islam

Berikut ini beberapa adab/ aturan walimah dalam resepsi pernikahan islami yang perlu diketahui umat muslim khususnya bagi yang berencana menikah.

  • Niat Ikhlas Menjalankan Sunnah Rasul

Hal pertama yang harus selalu ada yakni niat ikhlas semata mata hanya untuk menjalankan sunnah Rasul sekaligus berbagai kebahagian bersama tamu undangan dengan menyediakan berbagai macam makanan. Dengan demikian niat semacam ini dapat menjadi amal dan membawa berkah bagi kehidupan pasangan yang baru menikah tersebut.

  • Memisahkan Tamu Pria Dan Wanita

Walimah juga termasuk ibadah, jadi selama pelaksanaan-nya juga harus memisahkan antara tamu pria dan wanita.

Sehingga nantinya terdapat 2 tempat berbeda dan secara teknis tamu pria akan memberikan ucapan selamat kepada pengantin pria, sedangkan tamu wanita hanya memberikan ucapan selamat kepada pengantin wanita.

  • Tidak Membedakan Tamu Undangan

Selama menerima tamu undangan tidak boleh membeda bedakan berdasarkan status sosial, jadi tidak peduli kaya atau miskin, pejabat atau rakyat biasa, keluarga dekat atau jauh semuanya harus diperlakukan sama dan adil. Menurut ajaran islam, semua manusia itu sama yang membedakannya hanyalah keimanannya kepada Allah swt.

  • Tidak Memaksakan Diri

Mengadakan walimah harus sesuai dengan kemampuan finansial. Islam tidak mengajarkan kepada kita untuk mengadakan resepsi pernikahan sangat mewah yang mana diluar batas kemampuan ekonomi atau finansial.

Bahkan cukup dengan menyembelih satu ekor kambing pun sudah bisa mengadakan walimah, begitulah sabda yang pernah diucapkan Rasulullah.

Itulah 4 aturan/ adab melakukan resepsi pernikahan menurut ajaran islam, semoga apa yang telah disampaikan tadi dapat menambah wawasan agama kepada kita semua. Setiap sunnah Rasul tentu saja memiliki tujuan yang baik bagi kehidupan umat muslim.