Tag

, ,

Idealnya, pesta pernikahan harus sudah dipersiapkan sekitar delapan bulan atau setahun setelah calon mempelai membuat keputusan untuk melangsungkan pernikahan. Namun, adakalanya mempersiapkan pernikahan dalam 3 bulan harus dilakukan karena satu dan lain hal. Jangka waktu yang terbilang singkat tersebut, sudah barang tentu membuat kelabakan, bahkan tidak jarang menimbulkan stress pada sebagian orang, sehingga perhelatan pesta pernikahan menjadi berantakan dan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Jika kondisi memang memaksa harus mempersiapkan pernikahan dalam 3 bulan, beberapa tips berikut ini mungkin dapat dijadikan sebagai referensi, agar jalannya pesta pernikahan tidak melenceng dari yang direncanakan serta sesuai dengan yang diharapkan.

Tetap tenang   

Meski banyak yang harus dipersiapkan dalam waktu yang relatif singkat, dan kesemuanya harus dilakukan dengan serba cepat, namun jangan sekali-kali merasa panik, sebab kondisi panik justru akan mengurangi kejernihan dalam berpikir, sehingga banyak hal yang bakal terlewatkan. Jaga pikiran untuk tetap tenang, dan yakini bahwa pernikahan akan berlangsung sesuai dengan yang direncanakan dan diharapkan.

Siapkan budget

Hitung perkiraan budget yang harus dikeluarkan untuk biaya pernikahan secara total, dan persiapkan dana melebihi budget yang telah dianggarkan, karena tidak menutup kemungkinan nantinya akan muncul biaya-biaya tidak terduga, termasuk kenaikan harga-harga barang yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Cepat mengambil keputusan

Membuat pertimbangan tentang gedung atau tempat pelaksanaan pesta pernikahan, menentukan konsep acara, banyaknya tamu yang diundang, desain undangan, souvenir, menu makanan, serta hal-hal yang lain memang perlu dilakukan. Namun sadari bahwa waktu mempersiapkan pernikahan dalam 3 bulan itu tidak lama, sehingga keputusan harus cepat diambil, agar semuanya dapat sesegera mungkin memulai pekerjaan masing-masing supaya dapat selesai sebelum hari pelaksanaan tiba.

Jangan ubah rencana

Saran dan masukan pasti datang dari berbagai pihak yang perduli dengan pernikahan yang akan dilangsungkan. Persoalannya, tidak semua saran tersebut senada. Itu sebabnya, keputusan utama tetap pada sepasang mempelai. Jika datang saran dan masukan, pelajari dengan cermat sebelum menerimanya, dan pastikan bahwa saran tersebut tidak mengubah rencana yang telah dibuat sebelumnya, sebab kalau bertentangan dengan rencana semula, maka persiapan harus kembali dari awal.

Galang bantuan

Satu hal yang harus diingat adalah bahwa menggelar pesta pernikahan setidaknya melibatkan dua keluarga besar, belum lagi ditambah sanak kerabat, teman-teman dari kedua mempelai, serta tetangga dekat maupun jauh. Artinya mereka yang terlihat dalam acara pesta pernikahan tersebut jumlahnya cukup banyak sehingga tidak mungkin jika ditangani hanya oleh kedua mempelai saja, tapi dibutuhkan bantuan dari orang lain, bahkan dalam jumlah yang cukup besar. Apalagi waktu yang tersedia untuk mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan pesta pernikahan tersebut sangat terbatas. Itu sebabnya, sangat disarankan untuk membentuk semacam kepanitiaan dengan mengundang orang-orang yang dipandang dapat ikut membantu mempersiapkan pesta pernikahan. Ajak mereka untuk rapat sambil membagi  tugas sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Itulah hal-hal yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan pernikahan dalam 3 bulan, agar dalam waktu yang relatif singkat tersebut pelaksanaan pernikahan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana.