Tips menentukan harga cincin kawin berlian yang pas

Melengkapi kesempurnaan prosesi pernikahan dengan cincin kawin berlian, tentu menjadi dambaan semua mempelai, karena cincin kawin berlian juga merupakan sebuah pengharapan, agar pernikahan yang mereka bangun dapat membuat hubungan mereka terus tersambung sebagaimana cincin yang tidak berujung dan  senantiasa abadi sebagaimana berlian. Namun, anggapan bahwa harga cincin kawin berlian hanya dapat dijangkau oleh kalangan tertentu, membuat banyak mempelai yang membatalkan keinginan tersebut, serta menggantinya dengan cincin yang terbuat dari emas.

Mahalnya harga cincin kawin berlian sebenarnya sangat relatif, dan tidak benar jika hanya dapat dijangkau oleh kalangan tertentu. Karena saat ini dengan menyediakan budget sekitar Rp. 5 jutaan, kita sudah bisa mendapatkan sepasang cincin berlian dengan berbagai model sesuai keinginan. Hanya saja, jika dibandingkan dengan emas, harga berlian memang lebih mahal. Hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar, karena berlian memiliki tingkat kekerasan yang sempurna, yakni 10, sementara tingkat kekerasan tertinggi yang dimiliki logam mulia lainnya berkisar antara 8.5 – 9.

harga cincin kawin berlian 5

Alasan lainnya yang membuat harga cincin kawin berlian lebih mahal, karena jumlah batu berlian yang ada di muka bumi ini lebih sedikit dibandingkan dengan batu mulia apapun. Batu berlian dibentuk dari ikatan 4 bagian karbon atom yang terdapat di bagian terdalam sebuah gunung berapi dengan kedalaman sekitar 90 mil atau lebih di bawah permukaan bumi yang memiliki suhu sekitar 2200o Fahrenheit atau 1200o Celcius dengan tekanan sekitar 5 giga Pascal. Dengan jumlah yang sangat terbatas itulah, membuat berlian sejak jaman kerajaan-kerajaan kuna dahulu sudah menjadi perhiasan yang bernilai, dan sampai sekarang harga berlian juga masih tetap mahal.

Dengan mahalnya harga berlian itulah, maka dibutuhkan sejumlah pertimbangan sebelum memutuskan untuk melengkapi prosesi pernikahan dengan cincin berlian. Beberapa pertimbangan dalam menentukan harga cincin kawin berlian adalah sebagai berikut:

  • Tentukan budget

Tentukan secara pasti budget yang tersedia untuk membeli cincin kawin berlian, dan jangan mengorbankan anggaran pada pos lain untuk penyelenggaraan pesta pernikahan dengan tujuan untuk menutupi harga cincin tersebut. Sebab jika hal itu dilakukan, cincin kawin berlian bukannya menyempurnakan prosesi dan pesta pernikahan, tapi justru malah merusaknya.

  • Gali informasi

Dapatkan berbagai informasi sejelas-jelasnya tentang harga cincin berlian, desain atau model yang paling pas serta sesuai dengan selera Anda dan pasangan, serta tempat-tempat untuk bisa mendapatkan atau membeli cincin kawin berlian tersebut, sebab tidak sebagaimana toko yang menjual perhiasan emas, yang dapat dengan mudah dijumpai di hampir semua kota, untuk tempat yang menjual cincin berlian atau perhiasan berlian lainnya, hanya ada di kota/tempat tertentu.

  • Ukuran yang pas

Setelah mengetahui tempat, mendapatkan model yang sesuai, dan kisaran harga yang tidak melebihi budget, pada saat mengunjungi toko/gerai perhiasan berlian, jangan lupa untuk memilih cincin yang ukurannya pas dan nyaman saat dikenakan. Sebab jika hanya mempertimbangkan bahan dan modelnya saja, tanpa memperhitungkan faktor kenyamanan, maka kelak saat dipakai akan terasa mengganggu.

Itulah beberapa pertimbangan yang harus dilakukan dalam menentukan harga cincin kawin berlian.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*