Tips perencanaan dana untuk para calon pengantin

Menikah dan berumah tangga adalah muara dari setiap hubungan. Bahkan Anda yang masih jomblo diharapkan bakal menuju ke momen itu, cepat atau lambat. Tak ada yang berbeda, yang membedakan hanya soal kesiapan. Makanya banyak orang tua menyarankan agar merencanakan pernikahan sejak dini, baik untuk hari H atau sesudah menikah kelak.

Ada tiga tips sederhana merencanakan dana untuk para calon pengantin.

Survei

Jika pernikahan belum digelar, maka ide yang bagus bila Anda melakukan survei ke beberapa penyedia jasa wedding planner atau semacamnya. Gunanya untuk memperoleh rentang harga dari tiap-tiap vendor sehingga Anda tahu batas minimum dan maximum biaya yang harus disiapkan.

Investasi

Apabila rencana pernikahan Anda masih terhitung tahun tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk berinvestasi. Anda dapat memilih tabungan berjangka atau tabungan rencana, jangka waktunya sesuaikan dengan rentang waktu rencana pernikahan Anda berdua.

Pertimbangkan masa sesudah menikah

Selanjutnya ada baiknya jika Anda juga menyusun rencana keuangan setelah menikah. Anda akan tinggal di mana, bagaimana dengan pekerjaan, dana bulan madu, dan lain-lain. Hal ini penting agar anda tahu seberapa besar jumlah dana yang dibutuhkan untuk acara pernikahan yang kamu harapkan.

Nah, itu dia tiga tips sederhana mengatur dan merencanakan keuangan saat Anda bersiap untuk menikah tapi tak ingin bangkrut karenanya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*