Tag

, , ,

Seserahan bukan hanya sekedar barang-barang yang diberikan oleh mempelai pria pada mempelai wanita. Ini juga menjadi simbol bahwa sang pengantin pria sudah siap secara lahir dan batin, untuk menghidupi dan mengayomi calon istrinya saat berumah tangga kelak. Barang-barang yang masuk dalam seserahan umumnya sudah disepakati oleh mempelai pria dan wanita, meski ada yang memang dimasukan sebagai persyratan dari adat istiadat pernikahan.

Di Indonesia sendiri ada berbagai jenis seserahan yang umum diberikan pengantin pria untuk wanita. Namun diantaranya ada 6 jenis tipe seserahan yang punya makna dan filosofi yang berbeda-beda. Apa sajakah itu?

thehouseofseserahan.com

thehouseofseserahan.com

Seserahan berupa pakaian untuk pengantin wnaita. Maknanya: calon pengantin siap untuk menjaga dan menutupi rahasia pernikahan mereka berdua. Ibaratnya, suami adalah pakaian untuk sang istri, begitupun sebaliknya. Seserahan ini umumnya dilengkapi pula dengan pakaian dalam dan juga hijab, jika pengantin wanita mengenakan kerudung.

Seserahan berbentuk alat kecantikan. Maknanya: Calon suami siap untuk menjaga penampilan sang istri mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Seperangkat alat kecantikan ini bisa berupa alat make up dan juga perawatan tubuh.

Seserahan berbentuk emas, perhiasan atau logam mulia yang berkilau. Makananya:  pengantin wanita diharapkan untuk tetap selalu bersinar dan tak mengecewakan suaminya meski cobaan mendera pernikahan mereka kelak.

Seserahan berbentuk makanan tradisional. Maknanya: diharapkan pengantin selalu lengket dan tetap bersama apapaun cobaan yang terjadi. Tak heran jika makanan tradisional yang jadi seserahan ini umumnya berbahan beras ketan yang terkenal lengket itu.

weddingku.com

weddingku.com

Seserahan berupa buah-buahan. Makananya: pernikahan diharapkan bisa berbuah kebaikan yang berlimpah untuk keluarga mereka sendiri dan juga keluarga.

Seserahan berupa daun sirih. Makananya: Daun sirih ini adalah simbol bersatunya segala perbedaan pengantin pria dan wanita untuk melebur bersama mengarungi bahtera pernikahan.