Tag

, , ,

Sebagai salah satu suku bangsa terbesar di Indonesia, suku Jawa punya adat dan budaya yang unik dalam prosesi melamar. Prosesi melamar dimulai dengan pihak pria mengutus perwakilan, untuk bertemu keluarga wanita. Prosesi ini disebut sebagai Congkong, dimana utusan mempelai pria melihat kondisi dan keadaan calon pengantin wanita.

Jika prosesi Congkong belum menemukan kesepakatan, pihak mempelai pria akan datang lagi untuk meminta jawaban dari pihak pengantin wanita. Prosesi ini disebut sebagai Salar. Saat ini, orang tua atau keluarga si gadis akan memberikan jawaban atas lamaran dari pihak mempelai pria.

sorayawedding.net

sorayawedding.net

Jika kesepakatan kedua belah pihak telah didapat, maka calon mempelai pria dan wanita akan bertemu pertama kali dalam prosesi Nontoni. Saat inilah calon pengantin akan bertemu pertama kalinya sebelum acara pernikahan, dengan didampingi oleh keluarga besar kedua belah pihak. Saat prosesi inilah biasanya calon pengantin, akan bertemu dengan keluarag besar kedua belah pihak.

Setelah prosesi Nontoni, maka sudah masuk proses Nglamar. Saat inilah pihak pengantin pria akan mengutarakan niatnya untuk mempersunting si gadis, dan menentukan hari yang tepat untuk menyelanggarakan pernikahan. Selaian itu masalah seserahan dan prosesi pernikahan, akan dibicarakan pula pada saat ngelamar ini.

Biasanya saat prosesi ngalamar calon pengantin pria akan membawa barang-barang sebagai peningset, atau pengikat calon mempelai perempuan. Barang-barang ini bisa berupa bahan maknan, makanan matang berupa jenang atau dodol; dan juga perhiasan yang akan dipakaikan untuk calon mempelai wanita.