Tag

, ,

Menikah di masa krisis keuangan memang tricky, dan banyak hal yang harus dipertimbangkan. Kondisi ekonomi negara yang kadang tak stabil, memang bisa memicu terjadinya krisis keuangan. Dan saat krisis keuangan terjadi, biaya pernikahan pun akan naik dan melejit tinggi.

Namun ada beberapa tips yang mungkin bisa dicoba untuk mempersiapkan pernikahan di masa krisis. Apa sajakah itu?

  • Menabung jauh-jauh hari sebelum pernikahan dilaksanakan. Menabung dan menyisihkan sebagain gaji, bisa jadi tambahan finansial saat Anda harus menikah dikala krisi keuangan terjadi.
  • Batasi anggaran untuk kencan. Jika biasanya Anda berkencan di cafe mahal atau nonton bioskop, sebaiknya kurangilah hal tersebut. Jalan-jalan ke taman atau hanya sekedar ngobrol di rumah, bisa jadi sarana kencan yang hemat dan juga tetap menjaga tabungan pernikahan stabil.
  • Cicil keperluan menikah. Jauh-jauh bulan sebelum pernikahan berlangsung, Anda sudah bisa mulai mencicil beberapa keperluan yang dibutuhkan. Misalnya seserahan, undangan dan lain sebagainya bisa dicil jauh-jauh hari untuk mengasti pembengkakan biaya saat krisis terjadi.
  • Pernikahan yang sederhana tak jadi masalah. Pernikahan sederhana di masa krisis, sangat dianjurkan untuk Anda. Selain bisa menghemat biaya, sisa tabungan juga bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga Anda nantinya.
  • Ajak pasangan untuk berkomitmen secara finansial. Anda tak bisa berjuang sendiri untuk persiapan pernikahan di masa krisis keuangan ini. Karena itu ajak pasangan untuk berkomitmen secara finansial ,seperti mulai menabung untuk mempersiapkan pernikahan Anda berdua.