Tag

, ,

Proses melamar adat Sunda juga tak kalah unik dibandingkan dengan suku bangsa lainya di Indonesia. Orang Sunda sendiri masih menjunjung tinggi adat istiadat melamar, meskipun kini zaman semakin modern dan juga canggih. Dan tentu saja adat melamar calon pengantin yang unik ini jadi suatu bentuk warisan budaya yang perlu dilestarikan hingga kini.

Sama seperti suku bangsa lain di Indonesia pada saat melamar calon mempelai wanita, pihak keluarga pria biasanya membawa beberapa barang tertentu. Untuk orang Sunda, biasanya calon pengantin pria akan membawa sirih gambir, pakaian untuk calon pengantin wanita, cincin meneng yang berbentuk bulat utuh, ikat pinggang masyarakat Sunda yang dikenal sebagai beubeur tameuh dan sejumlah uang.

vemale.com

vemale.com

Selain itu, ada juga tahapan yang bernama Nendeun Omong Sendiri. Inilah prosesi dimana pihak pengantin pria, mengungkapkan keinginanya untuk melamar si gadis. Tahapan ini sangat penting karena pihak keluarga gadis, akan menilai seperti apa adat istiadat keluarga calon pengantin pria. Karena itulah dipilh utusan yang sopan, pandai berbicara serta lemah lembut untuk meminang si gadis.

Bila tahapan ini telewati, maka masuk pada tahapan tunangan yang dilakukan oleh kedua belah pihak. Setelah itu, maka masuk dalam tahapan seserahan. Tahapan seserahan ini umumnya dilakukan 3 atau 7 hari menjelang pernikahan dilangsungkan. Perlatan rumah tangga, makanan mentah atau matang, pakaian dan aneka barang umumnya diserahkan calon mempelai pria untuk si wanita di tahapan ini.