Tag

,

Seperti suku bangsa lain di Indonesia, orang Betawi juga punya cara khas tersendiri dalam tahapan melamar. Dan seperti suku-suku bangsa lainya pula di Indonesia, ciri khas dan adat budaya orang Betawi dalam melamar calon pengantin wanita ini unik, penuh filosofi dan juga memiliki tahapan-tahapan yang musti dilalui oleh kedua mempelai.

Tahapan melamar biasanya dimulai dengan yang namanya Ngelamar. Pada tahapan ini, pihak keluarga pria akan mendatangi keluarga si gadis, untuk mengutarakan maksud mereka guna meminang. Sejumlah barang seperti sirih embun, dua sisir pisang raja, roti tawar dan sejumlah uang dibawa oleh pihak keluarga calon mempelai pria.

citizen6.liputan6.com

citizen6.liputan6.com

Pada tahapan ngelamar inipulalah dibicarakan mengenai seserahan, mas kawin dan lain sebagainya. Jika tahapan tersebut sudah dilewati, maka akan masuk tahap bawa tande putus. Meskipun namanya tande putus, namun pada tahapan inilah sang gadis resmi ditunangkan dengan sang pemuda calon suaminya. Pada tahapan ini dibawa cincin belah rotan, uang pesalin dan aneka macam kue.

Bila tahapan tersebut dilewati, maka masuk dalam prosesi menentukan mahar atau mas kawin yang diminta calon mempelai wnaita. Uniknya, sang mempelai biasanya meminta mas kawin dengan istilah tertentu.

Misalnya jika sang mempelai menghendaki “mate bandeng seperangkat” artinya dia meminta perhiasaan berupa emas belian. Namun bila ia berkata “mate kembung seperangkat”, artinya si gadis menghendaki perhiasaan emas bermata intan untuk mahar perkawinan.