Tag

, , ,

Calon pengantin umumnya merasa dilema, perlu atau tidakah mengundang mantan ke pernikahan. Bagi kebanyakan orang, mantan tetap menjadi kenangan yang sulit dilupakan meski sudah siap menikah dengan orang lain.

Sebenarnya itu semua tergantung kesepakatan Anda dan pasangan. Jika pasangan tak masalah, tak ada salahnya mengundang mantan ke pernikahan. Apalagi jika Anda ternyata masih memiliki hubungan yang baik dengan para mantan ini.

mantan-pacar

Akan tetapi sebelum Anda memutuskan benar-benar mengundang mantan ke pernikahan, cobalah pertimbangkan 5 hal berikut ini.

  • Pertama, mantan dan Anda ternyata tidak putus dengan baik-baik. Putus yang tidak baik-baik, pasti menyisakan luka di hati Anda ataupun mantan. Biasanya, hubungan Anda dengan mereka pun menjadi renggang. Jika sudah begini, sebaiknya urungkan niat untuk mengundang mantan ke pernikahan.
  • Kedua, apakah mantan sudah move on atau belum? Anda memang sudah move on dan siap menikah dengan orang lain. Namun bagaiman dengan mantan? Mengirimkan undangan untuk mantan yang belum move on tentu saja jadi hal yang sebaiknya tak Anda lakukan.
  • Ketiga, mengundang mantan membuat Anda terlihat kejam. Apalagi jika ternyata mantan masih melajang, dan belum menemukan pengganti Anda. Mengundang mereka akan membuat Anda terlihat sebagai orang yang kejam dan tak berperasaan.
  • Keempat, fikirkan keluarga Anda. Ini patut dipertimbangkan untuk mantan yang sudah berhubungan jauh dengan Anda dan keluarga. Apalagi jika posisi Anda dulu sebai pihak yang dicampakkan, sebaiknya hindari mengundang mantan agar tak membangkitkan luka di hati keluarga.
  • Kelima, mantan pernah menyelingkuhi Anda. Jika Anda duku putus karena diselingkuhi mantan, sebaiknya lupakan saja mereka dan jangan undangn untuk datang ke pernikahan Anda.