Tag

, , ,

Perbedaan keyakinan atau agama dalam pernikahan, bukanlah hal yang bisa diterima dengan mudah bagi orang Indonesia. Interfaith marriage atau pernikahan beda kayakinan bukanlah hal yang mudah untuk dilalui.

Setelah berumah tangga pun banyak hal yang harus dilakukan, agar menikah dengan konsep beda keyakinan ini bertahan langgeng.

menikah beda agama

Ada beberapa tips menikah untuk mereka yang berbeda keyakinan, seperti:

Komunikasi adalah hal penting dalam pernikahan. Dan untuk pasangan beda keyakinan, komunikasi yang lebih mendalam perlu untuk dilakukan lagi. Seperti mengenai tata cara ibadah, dan bagaimana mereka akan mengajarkan keyakinan bergama untuk buah hati kelak.

Saling menghormati dan toleransi. Jika Anda sudah mantap untuk menikah beda keyakinan, maka yang perlu dipupuk selanjutnya adalah toleransi dan saling menghormati. Perbedaan cara ibadah tentu akan jadi hal yang sensitif yang bisa memicu konflik. Karena itulah toleransi dan saling menghormati, dibutuhkan untuk pasangan beda keyakinan ini.

Tetap jalin komunikasi dengan orang tua dan kerabat. Banyak pasangan beda agama yang memiliki hubungan lumayan buruk dengan orang tua masing-masing. Padahal menjalin komunikasi dengan orang tua sangat penting untuk pernikahan Anda. Jika memang keputusan And menikah beda keyakinan sudah kuat, maka berusahalah untuk tidak terputus komunikasi dan hubungan dengan orang tua dan kerabat.

Rayakan hari besar bersama. Meski berbeda keyakinan, namun Anda tak boleh membiarkan pasangan untuk merayakan hari besar agamanya sendiri. Misalnya saat natal, Anda bisa membantu istri menghias pohon natal. Dan saat ramadahan tiba, istri pun akan selalu menyiapkan segala kebutuhan Anda untuk beribadah.