Tag

, ,

Sebagian masyarakat Indonesia, memang masih punya pandangan miring mengenai seorang kakak yang dilangkahi menikah oleh adiknya. Ada yang mengatakan sang kakak sebagai perawan atau perjaka tua, ada juga yang bilang si adik tak punya perasaan karena memutuskan menikah mendahului kakaknya.

Namun selain pandangan miring mengenai kakak yang dilangkahi menikahi oleh adiknya, ada juga beberapa mitos yang dipercayai banyak orang mengenai hal ini. Diantaranya adalah:

mitos adik menikah duluan

Adik jadi durhaka pada kakaknya. Seprti maut, jodoh adalah rahasia Tuhan yang tak bisa diduga kapan datangnya. Jadi jika memang sang adik menikah lebih dahulu dari kakak, berarti Tuhan memang telah mengatur dan mempertemukan semuanya. Tak ada alasan si adikl disebut durhaka karena telah mendahului sang kakak untuk menikah dan berumah tangga.

Kakak, terutama wanita akan semakin seret jodoh ketika dilangkahi menikah oleh adiknya. Mitos kedua menyebutkan bahwa sang kakak, terutama wanita akan semakin seret jodoh jika telah dilangkahi menikah oleh adiknya. Tentu saja mitos ini tidak benar sama sekali. Seperti point diatas, jodoh pasti akan datang bertemu dan menghampiri jika waktunya ausah tepat saja.

Adik harus memberikan “pelangkah” untuk menyenangkan hati kakakknya. Sebagian orang percaya bahwa jika si adik ingin melangkahi kakaknya, maka harus memberikan pelangkah atau sesuatu yang disenangi oleh kakaknya. Mitos ini mungkin muncul lantaran si adik memiliki rasa tidak enak hati, lantaran telah mendahului kakaknya untuk berumah tangga.