Tag

,

Poligami atau beristri lebih dari satu adalah hal yang lumrah ditemui di berbagai belahan dunia ini. Fakatanya, bukan hanya negara Islam saja yang membolehkan aturan poligami ini. Ada beberapa negara yang tak menggunakan hukum Islam, namun memperbolehkan poligami atau pria yang beristri lebih dari satu.

Meskipun diperbolehkan, rata-rata setiap negara yang mengizinkan poligami ini menerapkan aturan yang sangat ketat bagi para pria yang ingin melakukanya. Alasanya tak lain dan tak bukan, adalah untuk menghormati dan melindungi hak serta martabat kaum wanita. Dan berikut ini ada beberapa aturan poligami di berbagai negara.

makassar.tribunnews.com

makassar.tribunnews.com

  • Di Amerika penganut Fundamentalist Mormons memperbolehkan melakukan poligami ini. Bagi mereka, poligami diizinkan jika mendapat persetujuan dari pemimpin sekte (Prophet), pria-wanita harus dari kalangan yang setara dan harus bisa menghasilkan banyak keturunan.
  • Negeri serumpun ini punya aturan poligami yang mirip dengan Indonesia. Pria boleh beristri lebih dari satu, asalakan ia terbukti mampu bertindak adil pada istri-istrinya.
  • Bangladesh dan Pakistan. Dua negara ini menggunakan hukum Islam untuk mengatur poligami. Pria boleh berpoligami, asalkan mendapat persetujuan dari a Quasi Judicial Body atau sejenis dewan arbitrase
  • Ada sedikit aturan poligami negara ini yang berbeda dengan negara Islam lainya. Pria diizinkan melakukan poligami setelah mendapatkan kuasa dan izin dari pengadilan. Jika tidak, maka pria tersbeut dituduh telah melanggar undang-undang dan bisa dipenjara.