Uniknya adat pernikahan di Maluku

Tak ubahnya seperti suku bangsa lainya yang ada di Indonesia, adat pernikahan Maluku juga kaya akan filosofi dan juga keunikan tersendiri. Orang Maluku ternyata masih banyak yang menjunjung tinggi adat leuluhur jika sudah menyangkut pernikahan. Karena itulah beberapa prosesi dan tahapan adat yang unik bisa dilihat dari pernikahan adat Maluku ini.

Pernikahan adat Maluku umumnya dimulai dengan ijab kabul untuk yang Muslim, atau pemberkatan  untuk mereka kaum Kristiani. Setelah prosesi ini selesai, maka dilanjutkan dengan mengarak pengantin ke rumah mempelai pria. Selain itu mereka juga membawa ngale-ngale atau seserahan yang berisi Kai Ma Ija yakni mas kawain yang telah disepakati kedua belah pihak, Gogoro Ma Pake atau baki berisi baju dan perlengkapan pengantin wanita, dan juga Kaha Ma Jojobo.

afryanadisal.blogspot.com
afryanadisal.blogspot.com

Prosesi selanjutnya diikuti dengan Gere Se Doniru. Prosesi ini diawali dengan pengantin tiba di pintu rumah. Selanjutnya pengantin pria tak bisa masuk karena dihalangi oleh pemudi pemuda, yang disebut sebagai Fati Ngara. Mempelai pria harus membujuk mereka dengan memberikan sejumlah uang koin, untuk bisa masuk dan bertemu dengan pengantin wanita.

Jika prosesi tersebut selesai dan pengantin pria masuk rumah, maka dilanjutkan dengan Upacara Doa Selamat dan juga makan saro. Tetua dan juga tamu kehormatan akan duduk bersama dengan pengantin untuk menikmati makanan dan jamuan, yang telah dihidangkan diatas Jaha se-kusuang. Makanan yang dihidangkan berupa ikan, terong, daging serta boboto yang melambangkan sumber daya dan keadaan alam pulau Maluku.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*