Tag

, , ,

pernikahan jawa identik dengan acara tradisional dan juga musik bernuansakan jawa, selain itu juga terdapat beberapa pernak-pernik souvenir dan aksesoris yang melambangkan budaya kejawen yang tidak pernah terlewatkan.

Dalam pernikahan jawa kita juga akan menemukan berbagai macam prosesi baik sebelum ijab kabul, selama ijab kabul, menjelang resepsi dan setelah resepsi. Berikut adalah proses-proses yang biasanya ditemukan dalam pernikahan jawa, namun tidak kamu urutkan berdasarkan prosesi sebenarnya.

Proses Pra Ijab Kabul

Istilah jawanya sedikit rumit untuk diucapkan tetapi dalam prosesi pernikahan jawa ini biasanya akan ada seseorang yang memimpin doa di hadapan media air dalam kendi atau cerek besar, si pemimpin doa ini nanti akan membacakan bacaan-bacaan kejawen dan sebagainya, di mana dalam prosesnya sang ibu harus menjadi bagian dari prosesi tersebut. Setelah pembacaan doa selesai, sang ibu akan diminta untuk menggandeng kedua mempelai menggunakan secarik kain atau selendang yang dipayungkan di atas kepala keduanya lalu sang ibu diminta untuk mengelilingi seluruh lokasi ijab atau resepsi pernikahan jawa.

Tahap Selanjutnya, sebelum ijab kabul

Tentu saja acara lamaran, biasanya acara lamaran tidak jauh berbeda dengan acara formal atau nasional, hanya dalam pernikahan jawa diwajibkan untuk tetap membawa perwakilan orang tua dan beberapa persyaratan lainnya.

Setelah acara lamaran selesai, maka dalam rentang waktu tertentu dapat diatur waktu ijab yang telah disepakati kedua belah pihak. Dalam prosesi ijab kabul pernikahan jawa, pada umumnya hampir sama dengan prosesi pernikahan budaya lain karena telah dipengaruhi oleh norma agama.

awpict.blogspot.com

awpict.blogspot.com

Tahap Resepsi

Nah dalam tahap resepsi biasanya pernikahan jawa akan terlihat sangat berbeda dengan prosesi pernikahan di daerah lain, bahkan setiap daerah jawa baik jawa barat, tengah dan timur mempunyai kebiasan dan adat-istiadat yang berbeda dalam menerapkan setiap tahap prosesi pernikahan jawa.

awpict.blogspot.com

awpict.blogspot.com

Arak-arakan menjadi menu utama, kemudian kedua mempelai saling lempar bunga yang dirangkai, dan kemudian mempelai pria menginjak telur dan mempelai wanita harus membasuh kaki mempelai pria dengan air yang telah disiapkan. pernikahan jawa daerah sunda, biasanya ada prosesi pelepasan merpati, dan pernikahan jawa bagian tengah jika mempelai pria adalah anak bungsu, maka kedua belah pihak akan menyiapkan dua orang lelaki yang mewakili kedua mempelai, wakil dari mempelai pria akan membawa seekor ayam jantan dan wakil mempelai wanita akan berusaha menangkap ayam yang dibawa hingga dapat.

Tahap Terakhir; Sungkem

Tahap terakhir adalah sungkem, yang biasa dalam pernikahan jawa dilakukan pada saat acara awal dimulai bukan pada saat penutupan. Sungkeman biasanya juga dilakukan pada prosesi budaya lain, karena merupakan gambaran dari bakti seorang anak kepada orang tua dan juga simbol permintaan maaf kedua mempelai kepada orang tua mereka.

poetrafoto.wordpress.com

poetrafoto.wordpress.com

Pernikahan jawa ataupun pernikahan sumatera barat, tidak lepas dari pengaruh agama, dan penggabungan keduanya membuat keragaman tersebut semakin lengkap dan bermakna. Dalam pernikahan jawa tuntunan agama menjadi yang utama, demikian pula dan prosesi budaya lainnya. Beberapa aksesoris dan juga souvenir dalam pernikahan jawa biasanya juga menonjolkan sisi kedaerahan seperti perwayangan, corak batik dan lain-lain. Corak-corak souvenir pernikahan jawa banyak tersedia di internet, jika anda berencana menikah dalam waktu dekat dan membutuhkan souvenir pernikahan jawa, anda dapat melakukan pemesanan via online, lebih mudah, cepat dan terjangkau.