Tag

, , , , ,

Dalam pernikahan adat terdapat banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh kedua belah mempelai, tetapi tak jarang pihak mempelai pria lebih dibebani dalam memenuhi setiap persyaratan dan permintaan yang diajukan oleh mempelai wanita terutama dalam hal besarnya mas kawin atau mahar.

Ada banyak jenis pernikahan adat yang dapat kita temukan di Indonesia, namun hanya ada beberapa adat yang mungkin akan kita bahas dalam kesempatan kali ini.

Pernikahan adat daerah jawa

awpict.blogspot.com

awpict.blogspot.com

Dalam pernikahan adat daerah jawa biasanya tidak ada persyaratan khusus, apalagi bila kondisi keuangan tidak memungkinkan. Dalam adat jawa tidak ada kewajiban untuk memenuhi semua mahar yang disyaratkan, namun demikian ada kecenderungan pihak mempelai pria menjaga gengsi atau kehormatan keluarga dengan tetap memaksakan mahar terbaik.

Meskipun demikian, dalam pernikahan adat jawa kedua mempelai akan dihadapkan pada permasalahan perbedaan adat istiadat, tidak jarang sebuah pernikahan harus dibatalkan atau ditunda karena adanya ketidak sepakatan tertentu. Dalam beberapa kasus dari daerah tertentu di jawa, ada persyaratan-persyaratan kecil yang memang tidak memakan biaya, tetapi terkadang sangat menonjolkan sisi ateis seperti sesajen dan pernak-pernik tidak wajar lainnya. Hal ini merupakan kebiasan masyarakat kuno yang memang sulit untuk dirubah atau bahkan dihapuskan.

Pernikahan adat batak

lingkaran-pengetahuan.blogspot.com

lingkaran-pengetahuan.blogspot.com

Pernikahan adat batak lebih ketat lagi, seorang pria tidak boleh menikahi wanita dari marga yang sama, atau bahkan tidak boleh menikahi marga terdekat yang dalam beberapa kasus sering dilanggar dan menghasilkan hukum adat bagi pasangan tersebut.

Dalam segi ilmu kesehatan disebutkan pula bahwa pernikahan sedarah akan menghasilkan keturunan yang lemah, mudah terserang penyakit, rentan lahir dengan kecacatan baik mental maupun fisik dan daya imun yang rendah. Sehingga secara otomatis, sesungguhnya peraturan adat tersebut mendukung teori dari sisi kesehatan yang akhirnya membuat aturan adat tersebut semakin kuat pengaruhnya terutama untuk golongan masyarakat pedesaan.

Pernikahan adat minang

pekan-budaya-sumatera-barat-1

Pernikahan adat minang lebih unik menurut saya, jika pada pernikahan adat daerah lain pria yang melamar wanita maka di daerah minang, justru wanitalah yang melamar si pria. Tetapi di beberapa wilayah sumatera barat, adat ini tidak berlaku, dan juga banyak sekali perbedaan antara satu daerah dengan daerah lain terkait pihak yang dilamar dan pihak yang melamar.

Dalam adat minang juga tidak ada keharusan wanita melamar pria, bahkan dengan adanya pengaruh dunia modern, adat tersebut mulai ditinggalkan mengingat nilai etis yang terkandung didalamnya semakin tidak dianggap sebuah kepatutan.

Ada banyak lagi pernikahan adat yang ada di Indonesia, keragaman ini menunjukkan bagaimana Indonesia kaya akan budaya yang dapat dijadikan nilai tambah, meskipun terkadang perbedaan dan dimensi pikiran yang acapkali menjadi batu sandungan dalam menggalang persatuan, tetapi sebuah kekayaan tidak akan menjadi berguna apabila masyarakatnya tidak saling menghargai perbedaan tersebut.