Tag

, ,

Pernikahan muslim memiliki corak budaya yang telah bercampur dengan nuansa agama dan budaya tradisional. Di beberapa wilayah di Indonesia bahkan pernikahan muslim sangat kental dengan pengaruh kebudayaan tradisional yang menambahkan adanya sesajen dan pemotongan hewan dengan berbagai sesembahan yang sebenarnya dalam kaidah Agama tidak dibenarkan. Ada banyak lagi acara pernikahan muslim yang telah bercampur dengan tradisi lokal yang tidak mungkin dijabarkan di sini.

Secara garis besar memang pernikahan muslim di Indonesia telah diwarnai dengan berbagai macam budaya dan kebiasan lokal yang memperkaya warisan nenek moyang Indonesia namun tetap memegang kaidah agama terutama dalam prosesi upacara pernikahan atau ijab kabul.

Dalam pernikahan muslim biasanya akan ditemukan beberapa jenis souvenir pernikahan dan hantaran yang dapat kita lihat ciri khasnya.

Souvenir Pernikahan Sajadah Natural (SN-01)

Bertemakan Islami

Souvenir-souvenir pernikahan bercorak islami mudah ditemukan dalam pernikahan muslim yang anda datangi, dan biasanya lebih simple dan tidak banyak warna. Akan tetapi seiring perkembangan mode dan juga kreatifitias produsen, beberapa souvenir pernikahan islami juga semakin kaya akan bentuk, desain, corak dan juga warna.

Misalnya kerudung, Sajadah, Tasbih dan sampul Iqra.

Simple dan Lebih Kecil

Souvenir dalam pernikahan muslim relatif lebih simple atau sederhana, dan juga berukuran lebih kecil yang menggambarkan kesederhanaan. Dalam pernikahan islami, souvenir yang diberikan biasanya juga terdapat nama mempelai tanpa foto ataupun gambar.

Selebihnya, dalam pernikahan muslim tidak berbeda dengan pernikahan pada umumnya, meskipun beberapa calon pengantin menginginkan desain dan warna yang lebih sederhana. Barangkali kesederhanaanlah yang menjadi pembeda antara souvenir pernikahan muslim dan pernikahan dengan tema lainnya.

Pernikahan muslim biasanya relatif lebih alami, ada banyak gaya dan layout pernikahan yang dapat dipilih, tetapi secara umum pernikahan islami lebih menonjolkan sisi agama, meskipun ada beberapa daerah yang kental sekali unsur budaya di dalamnya.