Tag

, , ,

Dengan biaya pernikahan yang terus-menerus merangkak naik, mencoba untuk memotong biaya dan tetap dalam anggaran yang wajar tampaknya menjadi sebuah misi yang nyaris mustahil. Pasangan kerap berakhir harus menerima keadaan dan rela berkorban demi terlaksananya acara.

Salah satu bagian yang masih mungkin ditekan adalah budget undangan. Nah, berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda untuk meminimalkan biaya undangan pernikahan tetapi masih tetap memperoleh undangan pernikahan yang cantik.

ilustrasi-perceraian undangan pernikahan

Pilih dan lakukan pemesanan undangan minimal 6 bulan lebih cepat. Memesan undangan pada menit terakhir justru akan menyebabkan pembengkakan biaya tak terduga.

Pesan sekitar 25-30 lembar undangan ekstra dari pesanan awal Anda. Membeli undangan dalam jumlah banyak sekaligus justru lebih hemat pada satu waktu tertentu.

Abaikan konsep desain kartu penerima terpisah jika Anda menggelar upacara dan resepsi di tempat yang sama. Menyebutkan penerimaan atas undangan utama itu sendiri.

Berikutnya, buatlah sendiri undangan yang sesuai keinginan. Mungkin cara yang paling jelas dalam rangka menghemat budget undangan, tapi sayang justru sering diabaikan. Begitu banyak pasangan yang khawatir bahwa jika mereka membuat undangan sendiri undangannya akan terlihat tidak rapi dan tidak profesional.

Jika Anda masih merasa tidak nyaman membuat undangan Anda sendiri, cobalah minta bantuan dari seorang teman yang piawai, kreatif dan melek teknologi. Beberapa orang suka melakukan proyek-proyek yang memungkinkan mereka untuk mengekspresikan diri secara kreatif, dan mungkin akan memiliki banyak alat yang diperlukan – menghemat lebih banyak uang.