Tag

, , , ,

Prosesi pernikahan adat di Indonesia telah menjadi bagian dari warisan nenek moyang yang oleh banyak keluarga masih dianut dan dipraktikkan hingga hari ini. Ritual di masing-masing daerah mempunyai simbolnya masing-masing yang secara unik terkadang terpadu saat dua budaya saling bertemu dan mengikat janji sehidup semati.

Di pernikahan adat Jawa ada sebuah ritual selain siraman, yaitu ritual Kacar Kucur.

Ritual kacar-kucur adalah salah satu prosesi wajib yang ada di dalam pernikahan adat jawa. Uniknya ritual ini, sebab hanya bisa Anda temukan dalam acara pernikahan adat jawa. Pada proses ini pengantin pria menuangkan kacar-kucur yang ditempatkan dalam sekantong kain.

Ketika mempelai pria menumpahkan kacar-kucur tersebut , pengantin putri akan menyambut dengan memegang selembar sapu tangan besar. Dalam beberapa ritual, terkadang pengantin wanita menggunakan pangkuannya untuk menyambut tuangan dari pasangannya.

seputarpernikahan.com

seputarpernikahan.com

Di dalam kain tersebut atau kacar kucur terdapat berbagai barang mulai dari kedelai, kacang, beras dan tentu saja uang krincing atau logam. Maknaya, pengantin pria berkewajiban dan berkomitmen memberi nafkah lahir, mencukupi segala kebutuhan istri mulai dari makan, sandang dan papan.

Sebaliknya, pengantin perempuan juga mendapatkan amanat yang besar. Harus mampu mengolah apa yang diberikan oleh suami yang disimbolkan dalam isian kacar kucur, menyimpan harta dan melayani kebutuhan sehari-hari suami.

seputarpernikahan.com

seputarpernikahan.com

Sapu tangan yang telah diikat kemudian diberikan kepada ibu pengantin putri atau sesepuh yang mewakili nih Ladies. Nah, setelah diambil oleh sang ibu, kemudian kacar-kucur tersebut dituangkan ke dalam wadah yang disebut dengan klemuk. Klemuk merupakan suatu wadah yang terbuat dari tanah liat dan bentuknya seperti kendi Ladies.

Klemuk yang digunakan tersebut ada dua alias berpasangan. Dan klemuk tersebut telah berisi beras kuning, kluwak, kemiri, gepak jendhul, hati ayam, dan semacamnya yang dicampur jadi satu.