Tag

,

Sejak pernikahan sejenis dilegalkan di Amerika Serikat, kaum LGBT tak lagi malu-malu menunjukkan hubungan mereka di depan umum. Sejumlah penganut hubungan sejenis pun sudah mendeklarasikan pernikahan mereka seperti layaknya pernikahan pasangan normal. Tapi, dilansir dari List25 ada 3 fakta unik seputar LGBT yang mungkin menarik kita ketahui.

Lesbian dari pulau lesbos

Lesbian adalah satu istilah yang biasa digunakan untuk merujuk pada kalangan perempuan yang mencintai sesamanya. Tapi yang unik bukan soal namanya, tetapi karena asal namanya ternyata diambil dari sebuah pulan bernama Lesbos yang semua penghuninya adalah perempuan.

Pulau ini berada di tengah lautan Egeis pada zaman kuno dan hanya dihuni oleh kaum perempuan. Siapa pun yang lahir di pulau ini akan mendapatkan nama belakang Lesbia.

Zaman Nabi Luth

Hubungan sesama jenis perempuan atau Lesbian bukan hanya ditemukan di kehidupan modern, sebab ternyata kelainan ini pertama kali muncul yaitu pada zaman Nabi Luth di negeri Sadam dan Gomorah. Cerita tentang negeri ini telah banyak diabadikan dalam kitab-kitab kuno salah satunya adalah Alquran.

Dilarang di Eropa

Dulunya hubungan sejenis ini dilarang di Eropa, bahkan dianggap sebagai sebuah tindakan kriminal dan ada hukumnya. Dalam sejumlah catatan sejarah di tahun 1730-an, bagi siapa yang ketahuan menjalin hubungan sejenis, masyarakat akan memberikan hukuman berat yakni hukuman mati.

7152 Grup

Pada tahun 1979 ketika kelompok pendukung lesbian mulai berani menyuarakan pendapatnya, muncul gagasan untuk mendirikan monumen peringatan bagi kaum mereka, termasuk bagi kaum homoseksual. Ide tersebut kemudian memperoleh dukungan dari kelompok lain yang terkumpul dalam 7152 grup lesbian dan gay.

Produk Sejarah

Ahli sejarah ternama, John D’Emilio mengatakan bahwa lesbian bukanlah sifat bawaan genetik yang menumpang di dalam tubuh sejak lahir. Melainkan dikarenakan adanya kapitalisme dari abad ke 17 dan 18 yang menimbulkan perpindahan anak-anak muda dari desa ke kota. Akibatnya ada dorongan kasih sayang yang kuat sesama mereka, relatif mengarah pada sejenis dan menjadi konsumsi publik.

Ifemme

Femme adalah istilah yang mulanya digunakan untuk merujuk pada komunitas transgender. Femme berasal dari Bahasa Perancis yang berarti “as a women”. Namun, banyak orang yang kemudian mengganti istilah tersbeut menjadi female sehingga sekarang, istilah “femme” digunakan bagi perempuan yang menjalani sosok perempuan feminin dalam kehidupan lesbian.